Tugas APSI 7: Data Flow Diagram

Data Flow Diagram Sistem Pembayaran Transmart menggunakan Aplikasi Allobank

    Proses modelling adalah suatu pendekatan yang digunakan untuk menggambarkan secara visual aktivitas dan alur data yang terjadi dalam suatu bisnis atau organisasi. Hal ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana bisnis atau organisasi tersebut beroperasi, termasuk bagaimana data mengalir di antara berbagai aktivitas yang dilakukan. 
    Salah satu cara untuk mengilustrasikan proses ini adalah dengan menggunakan data flow diagram (DFD). DFD merupakan alat visual yang digunakan untuk menggambarkan alur data dari satu entitas ke entitas lainnya dalam suatu sistem. Dalam konteks sistem pembayaran di Transmart dengan menggunakan aplikasi Allobank, DFD dapat digunakan untuk memodelkan dan menggambarkan bagaimana alur data pembayaran terjadi antara entitas yang terlibat, seperti pembeli, kasir, sistem pembayaran, dan Allobank. 
    DFD akan menunjukkan bagaimana data bergerak dari satu entitas ke entitas lainnya, bagaimana data tersebut diolah atau diproses dalam setiap entitas, dan bagaimana hasilnya mengalir kembali atau dikirim ke entitas lainnya. Hal ini membantu dalam pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana sistem pembayaran bekerja dan bagaimana interaksi antara entitas-entitas tersebut terjadi.

Berikut merupakan data flow diagram dari sistem pembayaran di Transmart menggunakan aplikasi Allobank:

Context Diagram

    Context diagram adalah jenis diagram dalam analisis sistem yang memberikan gambaran tingkat tinggi tentang sistem yang sedang dipelajari atau dibahas. Diagram ini menggambarkan sistem sebagai suatu entitas tunggal yang berinteraksi dengan entitas luar, tanpa memperhatikan rincian internal sistem tersebut. Context diagram mengidentifikasi entitas luar yang berinteraksi dengan sistem dan menunjukkan aliran data antara sistem dan entitas luar tersebut. Hal ini membantu dalam memahami konteks umum sistem dan hubungannya dengan entitas luar, serta menjadi dasar untuk mengembangkan diagram lebih rinci.    
Context Diagram Sistem Pembayaran Transmart Menggunakan Aplikasi Allobank

    Proses 0 pada diagram ini adalah sistem transaksi pembayaran di transmart, dan terdapat 3 entitas luar yaitu pembeli, kasir, dan aplikasi Allobank. Adapun penjelasan data flow atau aliran data pada diagram ini:
  1. Dari Pembeli ke Sistem:
    - Pembeli akan memberikan Informasi Pembelian kepada sistem berupa rincian daftar produk pembelian.
    - Pembeli akan memberikan Informasi Pembeli kepada sistem berupa data pribadi yang digunakan untuk melakukan verifikasi akun pengguna aplikasi Allobank.
  2. Dari Sistem ke Kasir
    - Sistem akan memberikan Informasi Pembelian kepada kasir berupa rincian daftar produk yang dibeli oleh pembeli.
  3. Dari Kasir ke Sistem
    - Kasir akan mengrim Rincian Pembayaran berupa total harga pembelian yang akan dibayar oleh pembeli melalui Allobank.
  4. Dari Sistem ke Allobank
    - Sistem akan mengirim Rincian Pembayaran berupa total harga pembelian yang akan dibayar oleh pembeli melalui Allobank.
    - Sistem akan mengirim Permintaan Pembayaran berupa permintaan untuk dilakukan pembayaran dengan metode yang dipilih pembeli.
    - Sistem akan mengirim Informasi Pembeli kepada Allobank berupa data pribadi yang digunakan untuk melakukan verifikasi akun pengguna aplikasi Allobank.
  5. Dari Allobank ke Sistem
    - Allobank akan mengirim hasil Verifikasi Pembayaran setelah berhasil/tidak dilakukan pembayaran.
  6. Dari Sistem ke Pembeli
    - Sistem akan memberikan Receipt Transaksi setelah berhasil dilakukan pembayaran.

DFD LEVEL 0

    DFD level 0 adalah representasi visual dari alur data utama dalam sistem yang sedang dianalisis. Diagram ini menyajikan pandangan tingkat tinggi tentang sistem dengan fokus pada proses-proses utama yang terlibat dan bagaimana data mengalir di antara proses-proses tersebut. DFD level 0 terdiri dari satu proses pusat yang mewakili sistem secara keseluruhan, serta entitas luar yang berinteraksi dengan sistem dan data yang mengalir di antara mereka.
DFD Level 0 Sistem Pembayaran Transmart Menggunakan Aplikasi Allobank 

Proses utama pada sistem ini diantaranya:

  1. Proses Verifikasi dan Upgrade Akun Allobank
    Pada proses ini alur datanya melibatkan entitas pembeli dan Allobank, dimulai dari pembeli memasukkan informasi/data diri untuk dilakukannya proses verifikasi dan upgrade akun di aplikasi Allobank. Lalu data akun pembeli akan disimpan didalam database akun pengguna Allobank, yang nantinya akan digunakan untuk melakukan verifikasi/validasi pengguna pada saat dilakukan pembayaran pada sistem transmart dengan menggunakan aplikasi Allobank.
  2. Proses Transaksi Pembelian
    Pada proses ini alur datanya melibatkan entitas pembeli, allobank, dan kasir. Dimulai dengan diberikannya informasi pembelian dan informasi pembeli dari pembeli ke sistem, yang akan dilanjutkan ke kasir untuk didapatkan rincian pembayaran berupa harga total. Setelah itu rincian pemberian akan dikirim ke sistem, dan sistem akan mengirim rnician pemberian dan permintaan pembayaran kepada Allobank. Allobank akan melakukan verifikasi pengguna dengan mengolah data informasi pembeli yang telah diberikan oleh pembeli ke sistem. Allobank akan melakukan verifikasi dan validasi akun pengguna apakah terdapat pada database akun pengguna Allobank, jika ada maka akan dilanjutkan ke pembayaran. Setelah dilakukan pembayaran, Allobank akan mengirim hasil verifikasi pembayaran ke sistem, dan sistem akan mengirim bukti pembayaran atau receipt kepada pembeli. Pada akhirnya sistem akan mengirimkan laporan transaksi sebagai pencatatan dari transaksi yang pernah dilakukan untuk disimpan didalam database laporan transaksi.

DFD LEVEL 1
    DFD level 1 adalah tahapan lebih lanjut tentang DFD level 0, dimana semua proses yang ada pada DFD level 0 akan dirinci dengan lengkap sehingga lebih lengkap dan detail. Proses-proses utama yang ada akan dipech menjadi sub-proses. 
DFD Level 1 Sistem Pembayaran Transmart Menggunakan Aplikasi Allobank 

Pada diagram level ini, proses 1 dan 2 dipecah menjadi beberapa subproses, diantaranya:
  1. Proses Verifikasi dan Upgrade Akun Allobank
    1.1 Registrasi Akun Allobank Pada proses ini pembeli akan memasukkan informasi pembeli seperti data pribadi (nama, email, no telepon, password, dll) yang akan digunakan untuk mendaftarkn akun pada aplikasi Allobank jika belum memiliki akun Allobank. Setelah berhasil melakukan registrasi, informasi pembeli akan disimpan dalam database akun pengguna Allobank sebagai data akun pembeli.
    1.2 Login Akun Allobank Pada proses ini pembeli akan memasukkan informasi pembeli seperti data pribadi (email, no telepon, dan password) yang akan digunakan untuk masuk ke akun pengguna yang sudah daftar sebelumnya.
    1.4 Upgrade ke Alloprime Pada proses ini, akan dikirim data akun pembeli (seperti KTP) ke proses untuk dilakukan upgrade akun biasa ke Alloprime. Jika berhasil dilakukan upgrade, maka akan dikirim informasi aktivasi agar di database akun pengguna Allobank, status pengguna tersebut sudah termasuk kedalam pengguna Alloprime.
    1.5 Aktivasi PayLater Pada proses ini, akan dikirim data akun pembeli (seperti KTP) ke proses untuk dilakukan aktivasi PayLater. Jika berhasil dilakukan aktivasi, maka akan dikirim informasi aktivasi agar di database akun pengguna Allobank, status pengguna tersebut sudah termasuk kedalam pengguna PayLater.
  2. Proses Transaksi Pembelian
    2.1 Proses Kalkulasi Pembelian Pada proses ini pembeli akan memberikan infromasi pembelian ke proses kalkulasi pembelian, lalu akan dikirim informasi pembelian tersebut kepada kasir untuk dilakukan kalkulasi dan didapatkan rincian pembayaran berupa total pembayaran yang akan dikirim ke proses 2.2.
    2.2 Proses Pembayaran Pembelian Pada proses ini rincian pembayaran yang telah dimasukkan oleh kasir akan dikirim beserta permintaan pembayaran yang akan diproses oleh aplikasi Allobank, yang akan melakukan verifikasi dan validasi akun pengguna terlebih dahulu, jika pengguna berstatus sebagai pengguna Alloprime, maka pengguna akan mendapat diskon sebesar 10%, dan jika pengguna berstatus sebagai pengguna PayLater,maka pengguna akan mendapat cashback sebesar 5%. Setelah dilakukan pembayaran, Allobank akan mengirim hasil verifikasi pembayaran ke proses 2.2 dan mengirim bukti pembayaran atau receipt kepada pembeli yang menandakan pembayaran berhasil dilakukan. Alur data terakhir adalah dari proses 2.2 akan mengirim laporan transaksi sebagai pencatatan dari transaksi yang pernah dilakukan untuk disimpan didalam database laporan transaksi.
    Dengan menggunakan Diagram Alir Data (DFD), kita dapat memvisualisasikan secara sistematis bagaimana data mengalir dalam sistem ini. DFD membantu dalam pemahaman dan perancangan sistem yang efisien.

Referensi:

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas APSI 10: Data Storage Design

EAS APSI - Evaluasi Akhir Analisis Perancangan Sistem Operasi

Tugas APSI 1: Sistem Informasi Akuntansi